بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
nuruldiniindriyani.blogspot.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 07 Maret 2014

Tugas TOU 2 Minggu 1



TEAMWORK 
 
Pada postingan saya dalam kesempatan ini, saya akan membahas mengenai contoh dari teamwork. Namun, sebelum kita membahas contoh dari teamwork, ada baiknya kita mengulas sedikit pengetahuan tentang teamwork tersebut. 

Teamwork, atau yang sering disebut dengan kerjasama dalam tim berarti melakukan suatu aktivitas kerja bersama lebih dari 1 orang dalam sebuah team untuk mencapai suatu goal. Bila diamati, setiap bentuk aktivitas terutama dalam organisasi lebih dari 90% aktivitas itu adalah kerjasama dan sedikit bidang yang aktivitas-nya tidak memerlukan kerjasama.



Contoh Teamwork

Melihat dari definisi diatas, disini saya akan memberikan beberapa contoh teamwork yang ada pada kehidupan kita.

1.         Teamwork dalam bidang olahraga
Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat membuat tubuh lebih sehat. Olahraga dapat dilakukan di dalam maupun diluar ruangan. Sebagian dari kegiatan ini dapat dilakukan secara individu. Namun, tidak sedikit kegiatan olahraga yang membutuhkan kerjasama dalam sebuah tim. Dibawah ini adalah beberapa cabang olahraga yang membutuhkan kerjasama tim, diantaranya sebagai berikut.
  • Atletik (Lari estafet)
Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari, yaitu pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Pada nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya. Nomor lari estafet yang sering diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter dan nomor 4 x 400 meter. Dalam melakukan lari sambung bukan teknik saja yang diperlukan tetapi pemberian dan penerimaan tongkat di zona atau daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari.

  • Olahraga Dayung
Mendayung merupakan sebuah olahraga yang menggunakan dayung dan berlangsung di atas sungai, danau, dan laut. Dalam teknik mendayung dikenal dua macam kayuhan yaitu dayung maju dan dayung mundur. Kompetisi lomba dalam olaraga cabang ini membutuhkan kerjasama tim yang terdiri dari beberapa orang tergantung dengan kelas yang dipertandingkan. Kekompakan dan usaha dari setiap anggota dalam tim ini menentukan seberapa cepat perahu dapat mencapai ke garis finish.


  • Bola voli (Vollyball)
Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang  masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. 

2.         Teamwork  di Rumah sakit
Setelah sebelumnya saya memberikan contoh teamwork dalam bidang olahraga, selanjutnya saya aka mengambil contoh teamwork yang ada di rumah sakit. Pada sebuah rumah sakit, tentu terdapat struktur organisasi yang dibuat agar pekerja di rumah sakit tersebut dapat mengerjakan pekerjaanya sesuai dengan bidangnya masing-masing. Sebuah rumah sakit biasanya terdiri dari pegawai bagian Medik dan Paramedis Perawatan. Bagian Medik terdiri dari  dokter yaitu dokter umum, dokter gigi dan dokter spesialis. Sedangkan paramedis perawatan terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang di bidang kebidanan, ahli gizi, farmasi, kesehatan lingkungan, rontgen, mata, keterapian fisik, perekam medis, dan lain-lain.

Contoh teamwork di lingkungan rumah sakit adalah pada saat dilakukannya kegiatan operasi. Tim yang melakukan kegiatan operasi biasanya terdiri dari dokter bedah, yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi paien, melaksanakan operasi dan keamanan untuk pasien saat berlangsungnya operasi; yang kedua terdapat Anaesthetist (tim anestesi) yang bertanggung jawab untuk anestesi pasien, memilih bahan anestesi, meresepkan premedikasi, dan melakukan anestesi umum; yang ketiga diperlukan asisten dokter bedah yang bertugas membantu dokter saat berlangsungnya proses operasi; selanjutnya terdapat scrub nurse yang merupakan anggota dari tim sterilisasi operasi dan bertanggung jawab memberikan peralatan yang digunakan, mempersiapkan penjahitan dan melakukan tugas-tugas lain yang membutuhkan asisten yang berpakaian steril dan memakai sarung tangan; dan yang terakhir adalah sirkulator, yaitu anggota tim nonsteril yang melengkapi tim operasi dalam hal peralatan dan bahan-bahan yang tidak memungkinkan dilakukan oleh tim steril. Sirkulator bertugas memasangkan lampu kepala dan menghubungkan peralatan-peralatan tertentu seperti handpiece, gergaji, dermatom, dan kauter. 

Dalam melaksanakan sebuah operasi pembedahan dokter tidak bekerja sendiri, melainkan membutuhkan tenaga ahli lainnya yang dapat mendukung kegiatan operasinya agar dapat berjalan dengan lancar. 

3.         Teamwork dalam jasa kontraktor
Secara umum kontraktor adalah orang yang kerjanya terikat oleh kontrak dimana jasanya adalah membantu mereka – mereka yang tidak memiliki cukup waktu dalam membangun rumah. Para kontraktor akan mengalkulasi perencanaan, analisis pengeluaran,sampai dengan implementasi yang dibutuhkan.

Dalam pengerjaannya kontraktor tersebut melakukan pekerjaan secara tim. Dalam tim tersebut terdiri dari seorang arsitek yang merancang bangunan yang diminta; mandor, yang bertugas mengatur jalannya kegiatan pembangunan;  tukang bangunan yang bertugas mengerjakan pekerjaan berat sesuai dengan perintah atasannya, dan konsultan yang bertugas memberikan nasihat mengenai pembangunan tersebut. Komponen tersebut merupakan bagian dari tim yang terdapat pada jasa kontraktor.


Teamwork dalam jasa kontraktor ini tergolong ke dalam tim dalam skala yang besar.  Karena tidak mungkin seseorang membangun bangunan sendirian, pasti membutuhkan bantuan dari tim yang bekerja sama, sehingga dapat menyelesaikan pembangunan dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Demikianlah contoh teamwork yang saya ketahui, apabila ada kekurangan dalam postingan saya kali ini saya meminta maaf. Semoga postingan ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umunya. Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum wr. wb  ^_^

ads

0 komentar:

Poskan Komentar