بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
nuruldiniindriyani.blogspot.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 26 Maret 2014

Tulisan TOU2 Minggu 1








Assalamualaikum wr.wb ..
Salam sejahtera bagi kita semua..
Dalam kesempatan ini saya akan membuat sebuah tulisan mengenai Universitas Gunadarma di Masa Depan. Tulisan ini berisi sejumlah harapan saya akan kelangsungan Universitas Gunadarma di masa depan. Selamat membaca ( ^_^ )

Universitas Gunadarma merupakan perguruan tinggi  swasta yang berdiri sejak tahun 1981. Sampai saat ini kegiatan belajar mengajar di Universitas Gunadarma berlangsung di 15 lokasi yang tersebar di Depok, Jakarta, Bekasi, dan Banten. Disamping itu, Universitas Gunadarma memiliki 29 program studi yang tersedia meliputi 3 program doktor (S3), 7 program magister (S2), 13 program sarjana (S1) dan 6 program diploma (D3) yang sebagaian besar terakreditasi A.

Selama lebih dari 30 tahun berdiri, kiprah Universitas Gunadarma dalam dunia pendidikan telah banyak membuahkan hasil yang membanggakan. Hal ini dapat dibuktikan salah satunya dengan pencapaian Universitas Gunadarma yang masuk dalam 10 besar peringkat 4ICU yang mengantarkan Universitas Gunadarma menjadi PTS nomor satu di Indonesia. Selain itu, keberhasilan Universitas Gunadarma dalam mengembangkan inovasi pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditunjang dengan fasilitas seperti e-learning, virtual class, student digital locker, e-book, dan lainnya menjadi nilai tambah tersendiri untuk Universitas Gunadarma. Tidak heran, kalau Universitas Gunadarma memiliki banyak peminat.

Jika dilihat dari deskripsi singkat mengenai Universitas Gunadarma diatas, dapat diketahui bahwa saat ini Universitas Gunadarma telah memiliki fasillitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar dengan segudang prestasi yang dimiliki. Lalu, bagaimana dengan Universitas Gunadarma di Masa Depan?

Universitas Gunadarma di masa depan tetap menunjukan jati diri sebagai kampus yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Namun, tentunya seiring perjalanan waktu Universitas Gunadarma bermetamorfosis untuk melakukan perubahan-perubahan menuju arah yang lebih baik lagi. Disini, terdapat beberapa pandangan dan harapan mengenai Universitas Gunadarma di masa depan.

Pertama, Universitas Gunadarma menjadi kampus yang berwawasan lingkungan. Seperti yang kita ketahui, Universitas Gunadarma sampai saat ini memiliki 15 lokasi kampus yang berbeda untuk menunjang kegiatan pembelajaran.Namun, tidak semua kampus memiliki ruang terbuka hijau dan fasilitas kebersihan yang memadai. Untuk menjadikan kampus yang berwawasan lingkungan terdapat hal-hal yang dapat dilakukan, antara lain :

1.        Penghematan Sumber Daya
Penghematan sumber daya dapat dilakukan dengan meminimalisir penggunaan kertas di lingkungan kampus. Contohnya dengan menggunakan kertas secara bolak-balik, tidak membuang kertas yang masih dapat digunakan, dan menggunakan alternatif lain selain kertas untuk kegiatan pembelajaran.

2.        Melakukan Daur Ulang
Universitas Gunadarma memiliki mahasiswa dengan jumlah yang sangat banyak, sehingga sampah yang dihasilkan setiap harinya tidaklah sedikit. Biasanya sampah-sampah yang dihasilkan di lingkungan kampus tersebut berupa botol air mineral, plastik,, styrofoam, dan kertas. Untuk melakukan daur ulang, hal yang paling sederhana dapat dilakukan dengan melakukan pemilahan antara sampah organik dan Anorganik. Menyediakan tempat sampah yang berlabel Organik dan Anorganik serta menuntut seluruh mahasiswa untuk membiasakan diri membuang sampah sesuai dengan spesifikasinya. Selanjutnya, kampus dapat menyediakan tempat pendaur ulangan sampah menjadi barang yang bermanfaat.

3.        Penghematan Energi
Penghematan energi dapat dilakukan dengan menggunakan listrik seperlunya, membiasakan mematikan lampu dan AC setelah kegiatan belajar mengajar usai dan memilih listrik yang hemat energi.

4.        Penghematan Zat Kimia
Dapat dilakukan dengan mengurangi penggunaan zat kimia baik dalam kegiatan praktikum yang mengharuskan menggunakan bahan kimia ataupun dalam kegiatan pembersihan kampus dengan menggunakan bahan kimia.

5.        Pendidikan Lingkungan
Menerapkan pendidikan lingkungan kedalam kurikulum kampus dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk peduli terhadap lingkungan.

6.        Melakukan Penghijauan
Lingkungan yang bersih, banyak ditumbuhi pepohonan, menjadikan lingkungan di sekitar kampus berudara sejuk selain dapat membuat penghuni kampus merasa nyaman, juga dapat menjadi tempat penyerapan air yang dapat mencegah timbulnya banjir di sekitar lokasi kampus.

Dengan dilakukannya beberapa kegiatan diatas, bukan tidak mungkin seluruh lokasi kampus Universitas Gunadarma dapat menjadi kampus yang berwawasan lingkungan.

Yang kedua, Universitas Gunadarma di masa depan diharapkan dapat meningkatkan fasilitas, sarana, dan prasarana dikampus, serta menerapkan pendidikan yang bertaraf internasional diseluruh tingkat dan diseluruh program  studi yang ada. Saat ini, Universitas Gunadarma memang sudah diakui di mata dunia dan menjadi World-Class University. Namun, diharapkan di masa depan hal tersebut dapat dirasakan pada semua kelas yang terdapat di Universitas Gunadarma. Dengan kata lain, tidak hanya mahasiswa di kelas sarmag yang mendapat fasilitas sekelas internasional, tetapi kelas reguler pun mendapatkan fasilitas serupa.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan pengubahan metode belajar pada kelas reguler yang biasanya hanya menggunakan bahasa indonesia saja, menjadi menggunakan bahasa internasional seperti bahasa     Inggis pada setiap pembelajaran yang dilakukan di kelas. Disamping itu, kerjasama universitas Gunadarma dengan puluhan universitas di luar negeri dapat dikembangkan sehingga semua mahasiswa Universitas Gunadarma diberikan kesempatan yang sama untuk dapat melanjutkan studi nya atau dapat mengikuti pertukaran pelajar di luar negeri. Dengan demikian, universitas Gunadarma diharapkan dapat mencetak generasi yang lebih berkualitas yang berstandar internasional.

Sarana dan prasarana dikampus Universitas Gunadarma memang telah memadai, terlebih dalam bidang TIK, namun dirasa belum merata di seluruh kampus yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma. Contohnya penggunaan infocus, hanya beberapa kampus saja yang menggunakan infocus di setiap kelas nya, selebihnya menggunakan OHP. Universitas Gunadarma di masa depan diharapkan telah memiliki sarana dan prasarana yang sama pada semua lokasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berlangsung.


Yang terakhir, harapan saya mengenai universitas gunadarma di masa depan yaitu dapat meningkatkan kualitas para dosen pengajar dengan memberikan pelatihan rutin, sertifikasi khusus,  atau dengan membuka pintu bagi para pengajar yang ingin melanjutkan studinya di luar negri, sehingga para pengajar di universitas gunadarma memiliki kualitas yang tidak kalah dengan universitas bertaraf internasional lainnya. Karena peranan dosen pengajar dalam sebuah universitas dapat berpengaruh terhadap pembentukan karakter lulusan yang dihasilkan.

 Demikianlah harapan saya mengenai universitas gunadarma di masa depan, apabila terdapat kekurangan dalam tulisan saya kali ini mohon dimaklumi. Sekian dan terimakasih ..

Wassalamualaikum Wr. Wb….
 

 

ads

0 komentar:

Poskan Komentar