بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
nuruldiniindriyani.blogspot.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 11 Mei 2014

Tulisan TOU2 Minggu 4


Contoh Program Perulangan Menggunakan Bahasa Cobol

Pada kesempatan ini saya akan memposting tulisan mengenai contoh program yang menggunakan statement perulangan dengan bahasa Cobol. Materi ini saya dapat ketika praktikum di semester 3 lalu. Disini kita akan menampilkan sebuah program yang dapat menghasilkan output yang mirip dengan sebuah rumah. Untuk dapat membuat program perulangan tersebut, langkah awal yang kita lakukan adalah dengan mengetikan statement-statement seperti pada gambar dibawah ini.


Logika
             identification division.
program-id. tes.
  Statement diatas dituliskan pada kolom ke 8 yang disebut dengan area A, semua judul divisi, judul seksi, nama paragraph, judul file description , level number 01 dan level number 77 ditulis mulai kolom ke-8. Statement ini merupakan statement yang menyatakan divisi yang pertama dalam cobol. Divisi ini memuat sejumlah informasi mengenai identitas program seperti nama program, pembuat program, dll. Program-id. Tes. memuat informasi mengenai identitas program. Identitas program yang dimuat disini merupakan nama program. Bentuk umumnya yaitu : program-id.nama program. Karena disini saya ingin memberikan nama program ini tes, jadi dalam statement ini saya tulus program-id. tes.

    data division.
working-storage section.
01 angka pic 99.
01 awal pic 99.
01 baris pic 99.
01 kurang pic 99.
01 satu pic 99.
01 akhir pic 99.
01 kurang1 pic 99.
        Kumpulan kode-kode program diatas merupakan bagian dari data division. Statement tersebut berisi semua keterangan tentang file, record, nama-data serta bentuk atau format yang akan dipergunakan didalam procedure division. Sama seperti statement sebeleumnya statement ini masih dituliskan dalam kolom ke 8. Sedangkan working storage section mempunyai maksud sebagai pemesanan tempat di internal memori yang biasanya digunakan untuk bentuk, nilai dan nama data yang diperlukan didalam proses yang terpisah dan belum di sebutkan pada file section. 01 digunakan untuk mengawali keterangan dari record . Record diatas yaitu awal, angka, baris, kurang, satu, akhir dan kurang1. Pic 99 menunjukkan bahwa variable didefinisikan dengan dua digit nilai numerik.
 
screen section.
01 hapus.
  02 blank screen.
Statement diatas dituliskan untuk memberikan perintah membersihkan layar dan menempatkan kursor pada posisi kiri atas layar. 02 blank screen dituliskan lebih menjorok ke dalam dibandingkan statement sebelumnya karena level number 02 sendiri  merupakan keterangan dari statement yang sebelumnya dimasukan.

  procedure division.
mulai.
     display hapus.
     display ( , ) 'Masukkan angka :'.
     accept angka.
     compute awal = 1.
     compute baris = angka.
     compute kurang = angka – 2.
     compute satu = 1.
     compute akhir = (angka * 2) + angka.
     compute kurang1 = angka - 1.
     display space.
         
Kode-kode program diatas termasuk ke dalam procedur division. Statement yang ada pada procedure division dibentuk dari verb, diantaranya : move, display, accept, dan stop. Statement ‘mulai’ dituliskan pada kolom ke 8, statement ini bertujuan untuk memulai jalannya sebuah program. Dislpay hapus digunakan untuk menampilkan layar yang telah dibersihkan. Kemudian dilanjutkan dengan menampilkan kata yang terdapat di dalam string yaitu “masukan angka:”. Accept angka digunakan untuk memasukkan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan.

Selanjutnya ada perintah compute yang merupakan sebuah perintah guna memasukan rumus yang akan dijalankan pada program tersebut. Compute awal=1 berarti variable awal bernilai 1. Compute baris=angka berarti variable baris berisi angka yang data pada variable angka yang diinput saat program dijalankan. Compute kurang = angka-2 berati variable kurang adalah data pada variable angka yang kita input dikurangi 2. Setelah nilai variable anggka dikurangi 2, selanjutnya terdapat compute satu=1, jadi ketika kita variable satu dijalankan maka nilainya adalah satu. Compute akhir=(angka*2)+angka. Digunakan untuk memproses data pada variable akhir yang merupakan angka dikalikan dengan 2 lalu hasilnya ditambahkan dnegan nilai yang terdapat pada variable angka sehingga didapatkan nilai untuk variable akhir. Kemudian compute yang terakhir adalah untuk variable kurang1 berisi nilai pada variable angka dikurangi 1. Display space digunakan untuk menampilkan spasi pada tampilan output ketika di running.

  operasi.
     perform spasi baris times.
     perform bintang awal times.
     perform genteng angka times.
     display space.
     if awal = angka
     go to tembok
     else go to cek.
Pada bagian ini terdapat peintah perform spasi baris times berarti akan ditampilkan spasi sebanyak nilai baris yang diproses. Perform bintang awal times juga sama, ini digunakan untuk menampilkan bintang sebanyak awal. Dan perform genteng angka times untuk menampilkan genteng sebanyak nilai pada variable angka. Display space digunakan untuk menampilkan spasi. Kemudian ada perintah perulangan jika hasil awal sama dengan angka maka akan dialihkan ke tembok. Namun, jika selain itu maka akan dialihkan ke cek.

  tembok.
     display ( , ) '  *'.
     perform spasi1 kurang times.
     display ( , ) ' *'.
     perform spasipanjang kurang1 times.
     display ( , ) '   *'.
     display space.
     if satu = angka
     go to pondasi
     else go to cektembok.
Proses ini akan dijalankan apabila variable awal=angka, maka akan ditampilkan bintang (*) kemudian akan ditampilkan spasi1 sebanyak nilai variable kurang dan kemudian setelah ditampilkan spasi ditampilkan kembali bintang (*). Kemudian ditampilkan spasipanjang sebanyak nilai variable kurang1. Dan selanjutnya ditampilkan lagi bintang setelah spasi selesai ditampilkan sebnayak kurang1. Setelah proses ini dijalankan, maka selanjutnya jika satu sama dnegan angka maka proses selanjutnya akan menuju pondasi, namun jika satu tidak sama dengan angka maka proses dialihkan ke paragraph cek tembok.

cektembok.
     compute satu = satu + 1.
     go to tembok.
Statement diatas akan memproses variable satu yaitu satu ditampah dengan 1 yang menghasilkan nilai pada variable satu. Kemudian setelah proses telah dilakukan prosedur selanjutnya adalah menuju bagian  tembok.

  cek.
     compute awal = awal + 1.
     compute baris = baris - 1.
     go to operasi.
     Pada statement ini dimasukan rumus untuk variable awal dan baris yaitu untuk awal sama dengan nilai pada variable awal yang sebelumnya telah diproses ditabah dengan 1, sedangkan untuk baris sama dengan nilai pada variable baris yang sebelumnya diproses dikurangi satu sehingga ketika kita memanggil variable awal dan baris secara otomatis akan berlaku seperti diatas.

 spasi.
     display ( , ) ' '.
spasi1.
     display ( , ) '  '.
bintang.
     display ( , ) ' *'.
genteng.
     display ( , ) '_\_\'.
spasipanjang.
     display ( , ) '    '.
pondasi.
     display ( , ) ' '.
     perform lantai akhir times.
     display space.
     go to selesai.
lantai.
     display ( , ) ' ='.

Statement diatas digunakan untuk menampilkan variable yang dipanggil diatasnya. Yang pertama untuk spasi, spasi1, dan spasipanjang jika variable tersebut dipanngil dalam sebuah proses maka pada tampilan output akan ditampilkan berupa spasi, untuk bintang maka akan ditampilkan simbol bintang  ( *). Untuk genteng maka akan ditampilkan simbol “_\_\” yang nantinya akan menjadi atap menyerupai genteng pada saat dirunning. Kemudian untuk pondasi akan ditampilkan simbol berupa sama dengan (=) yang akan ditampilkan sebanyak nilai pada variable akhir. Hasil lebih jelasnya dapat dilihat pada tampilan output pada halaman selanjutnya.

 selesai.
     stop run.
            Sebagai penutup sebuah program diketikan statement selesai dan stop run yang akan menyebabkan program berhenti secara permanen.
           
Dengan diketiknya perintah stop-run. Maka selesailah penulisan kode-kode program yang akan kita buat. Selanjutnya kita tutup saja jendela tempat kita menuliskan kode program tersebut dan akan tampil kembali layar hitam command prompt yang sebelumnya kita gunakan saat hendak masuk ke dalam program cobol. Langkah selanjutnya disini yang kita lakukan adalah ketik cobol nama file yang kita masukan tadi disertai ekstensi .cob, misalnya disini karena saya memberi nama file dengan kata “seg” maka saya mengetikan cobol seg.cob , lalu tekan enter. Jika terdapat kesalahan dalam beberapa hal seperti kesalahan bahasa ( language errors), kesalahan sewaktu proses (run-time errors), dan kesalahan logika program ( logical errors ) maka kita harus mencari letak kesalahan yang kita lakukan, lalu memperbaikinya hingga tidak ada peringatan eror yang muncul.



Setelah tidak ada peringatan eror, ketik runcob namafile, karena disini nama file nya adalah seg, sehingga saya mengetikan runcob seg untuk merunning program membuat rumah diatas. pada tampilan awal terdapat kata “masukan angka :” disini kita dapat memasukan angka yang ingin kita input untuk membuat tampilan yang mirip dengan rumah pada program ini. Disini saya menginput angka 10, lalu tekan enter dan tampilan output yang mirip dengan rumah pun muncul seperti pada tampilan output dibawah ini.


Demikianlah tulisan yang saya buat mengenai contoh program perulangan menggunakan bahasa cobol. Semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. ^_^ Apabila terdapat kata-kata diatas yang salah mohon dimaafkan, karena penulis masih sama-sama belajar. :D
Sekian dan Terimakasih telah mengunjungi blog ini....
Wassalamualaikum Wr. Wb....


 



ads

0 komentar:

Poskan Komentar