Contoh Program Perulangan Menggunakan Bahasa Cobol
Pada
kesempatan ini saya akan memposting tulisan mengenai contoh program yang
menggunakan statement perulangan dengan bahasa Cobol. Materi ini saya dapat
ketika praktikum di semester 3 lalu. Disini kita akan menampilkan sebuah
program yang dapat menghasilkan output yang mirip dengan sebuah rumah. Untuk dapat
membuat program perulangan tersebut, langkah awal yang kita lakukan adalah
dengan mengetikan statement-statement seperti pada gambar dibawah ini.
Logika
identification division.
program-id. tes.
Statement diatas dituliskan pada kolom ke 8 yang disebut
dengan area A, semua judul divisi, judul seksi, nama paragraph, judul file
description , level number 01 dan level number 77 ditulis mulai kolom ke-8.
Statement ini merupakan statement yang menyatakan divisi yang pertama dalam
cobol. Divisi ini memuat sejumlah informasi mengenai identitas program seperti
nama program, pembuat program, dll. Program-id. Tes. memuat informasi mengenai
identitas program. Identitas program yang dimuat disini merupakan nama program.
Bentuk umumnya yaitu : program-id.nama program. Karena disini saya ingin
memberikan nama program ini tes, jadi dalam statement ini saya tulus
program-id. tes.
data division.
working-storage
section.
01 angka pic 99.
01 awal pic 99.
01 baris pic 99.
01 kurang pic
99.
01 satu pic 99.
01 akhir pic 99.
01 kurang1 pic
99.
Kumpulan kode-kode program diatas merupakan
bagian dari data division. Statement tersebut berisi semua keterangan tentang
file, record, nama-data serta bentuk atau format yang akan dipergunakan didalam
procedure division. Sama seperti statement sebeleumnya statement ini masih
dituliskan dalam kolom ke 8. Sedangkan working storage section mempunyai maksud
sebagai pemesanan tempat di internal memori yang biasanya digunakan untuk
bentuk, nilai dan nama data yang diperlukan didalam proses yang terpisah dan
belum di sebutkan pada file section. 01 digunakan untuk mengawali keterangan dari
record . Record diatas yaitu awal, angka, baris, kurang, satu, akhir dan
kurang1. Pic 99 menunjukkan bahwa variable didefinisikan dengan dua digit nilai
numerik.
screen section.
01 hapus.
02
blank screen.
Statement
diatas dituliskan untuk memberikan perintah membersihkan layar dan menempatkan
kursor pada posisi kiri atas layar. 02 blank screen dituliskan lebih menjorok
ke dalam dibandingkan statement sebelumnya karena level number 02 sendiri merupakan keterangan dari statement yang
sebelumnya dimasukan.
procedure division.
mulai.
display hapus.
display ( , ) 'Masukkan angka :'.
accept angka.
compute awal = 1.
compute baris = angka.
compute kurang = angka – 2.
compute satu = 1.
compute akhir = (angka * 2) + angka.
compute kurang1 = angka - 1.
display space.
Kode-kode program diatas termasuk ke dalam procedur
division. Statement yang ada pada procedure division dibentuk dari verb,
diantaranya : move, display, accept, dan stop. Statement ‘mulai’ dituliskan
pada kolom ke 8, statement ini bertujuan untuk memulai jalannya sebuah program.
Dislpay hapus digunakan untuk menampilkan layar yang telah dibersihkan.
Kemudian dilanjutkan dengan menampilkan kata yang terdapat di dalam string
yaitu “masukan angka:”. Accept angka digunakan untuk memasukkan data lewat
layar sewaktu program tersebut dijalankan.
Selanjutnya ada perintah compute yang
merupakan sebuah perintah guna memasukan rumus yang akan dijalankan pada
program tersebut. Compute awal=1 berarti variable awal bernilai 1. Compute
baris=angka berarti variable baris berisi angka yang data pada variable angka
yang diinput saat program dijalankan. Compute kurang = angka-2 berati variable
kurang adalah data pada variable angka yang kita input dikurangi 2. Setelah
nilai variable anggka dikurangi 2, selanjutnya terdapat compute satu=1, jadi
ketika kita variable satu dijalankan maka nilainya adalah satu. Compute
akhir=(angka*2)+angka. Digunakan untuk memproses data pada variable akhir yang
merupakan angka dikalikan dengan 2 lalu hasilnya ditambahkan dnegan nilai yang
terdapat pada variable angka sehingga didapatkan nilai untuk variable akhir.
Kemudian compute yang terakhir adalah untuk variable kurang1 berisi nilai pada
variable angka dikurangi 1. Display space digunakan untuk menampilkan spasi
pada tampilan output ketika di running.
operasi.
perform spasi baris times.
perform bintang awal times.
perform genteng angka times.
display space.
if awal = angka
go to tembok
else go to cek.
Pada bagian ini terdapat
peintah perform spasi baris times berarti akan ditampilkan spasi sebanyak nilai
baris yang diproses. Perform bintang awal times juga sama, ini digunakan untuk
menampilkan bintang sebanyak awal. Dan perform genteng angka times untuk
menampilkan genteng sebanyak nilai pada variable angka. Display space digunakan
untuk menampilkan spasi. Kemudian ada perintah perulangan jika hasil awal sama
dengan angka maka akan dialihkan ke tembok. Namun, jika selain itu maka akan
dialihkan ke cek.
tembok.
display ( , ) ' *'.
perform spasi1 kurang times.
display ( , ) ' *'.
perform spasipanjang kurang1 times.
display ( , ) ' *'.
display space.
if satu = angka
go to pondasi
else go to cektembok.
Proses ini akan
dijalankan apabila variable awal=angka, maka akan ditampilkan bintang (*)
kemudian akan ditampilkan spasi1 sebanyak nilai variable kurang dan kemudian
setelah ditampilkan spasi ditampilkan kembali bintang (*). Kemudian ditampilkan
spasipanjang sebanyak nilai variable kurang1. Dan selanjutnya ditampilkan lagi
bintang setelah spasi selesai ditampilkan sebnayak kurang1. Setelah proses ini
dijalankan, maka selanjutnya jika satu sama dnegan angka maka proses
selanjutnya akan menuju pondasi, namun jika satu tidak sama dengan angka maka
proses dialihkan ke paragraph cek tembok.
cektembok.
compute satu = satu + 1.
go to tembok.
Statement
diatas akan memproses variable satu yaitu satu ditampah dengan 1 yang
menghasilkan nilai pada variable satu. Kemudian setelah proses telah dilakukan
prosedur selanjutnya adalah menuju bagian
tembok.
cek.
compute awal = awal + 1.
compute baris = baris - 1.
go to operasi.
Pada statement ini dimasukan rumus untuk
variable awal dan baris yaitu untuk awal sama dengan nilai pada variable awal
yang sebelumnya telah diproses ditabah dengan 1, sedangkan untuk baris sama
dengan nilai pada variable baris yang sebelumnya diproses dikurangi satu
sehingga ketika kita memanggil variable awal dan baris secara otomatis akan
berlaku seperti diatas.
spasi.
display ( , ) ' '.
spasi1.
display ( , ) ' '.
bintang.
display ( , ) ' *'.
genteng.
display ( , ) '_\_\'.
spasipanjang.
display ( , ) ' '.
pondasi.
display ( , ) ' '.
perform lantai akhir times.
display space.
go to selesai.
lantai.
display ( , ) ' ='.
Statement diatas
digunakan untuk menampilkan variable yang dipanggil diatasnya. Yang pertama
untuk spasi, spasi1, dan spasipanjang jika variable tersebut dipanngil dalam
sebuah proses maka pada tampilan output akan ditampilkan berupa spasi, untuk
bintang maka akan ditampilkan simbol bintang ( *). Untuk genteng maka akan ditampilkan
simbol “_\_\” yang nantinya akan menjadi atap menyerupai genteng pada saat
dirunning. Kemudian untuk pondasi akan ditampilkan simbol berupa sama dengan
(=) yang akan ditampilkan sebanyak nilai pada variable akhir. Hasil lebih
jelasnya dapat dilihat pada tampilan output pada halaman selanjutnya.
selesai.
stop run.
Sebagai penutup sebuah
program diketikan statement selesai dan stop run yang akan menyebabkan program
berhenti secara permanen.
Dengan
diketiknya perintah stop-run. Maka selesailah penulisan kode-kode program yang
akan kita buat. Selanjutnya kita tutup saja jendela tempat kita menuliskan kode
program tersebut dan akan tampil kembali layar hitam command prompt yang
sebelumnya kita gunakan saat hendak masuk ke dalam program cobol. Langkah
selanjutnya disini yang kita lakukan adalah ketik cobol nama file yang kita
masukan tadi disertai ekstensi .cob, misalnya disini karena saya memberi nama
file dengan kata “seg” maka saya mengetikan cobol seg.cob , lalu tekan enter.
Jika terdapat kesalahan dalam beberapa hal seperti kesalahan bahasa ( language
errors), kesalahan sewaktu proses (run-time errors), dan kesalahan logika
program ( logical errors ) maka kita harus mencari letak kesalahan yang kita
lakukan, lalu memperbaikinya hingga tidak ada peringatan eror yang muncul.
Setelah tidak ada peringatan eror, ketik
runcob namafile, karena disini nama file nya adalah seg, sehingga saya
mengetikan runcob seg untuk merunning program membuat rumah diatas. pada
tampilan awal terdapat kata “masukan angka :” disini kita dapat memasukan angka
yang ingin kita input untuk membuat tampilan yang mirip dengan rumah pada
program ini. Disini saya menginput angka 10, lalu tekan enter dan tampilan
output yang mirip dengan rumah pun muncul seperti pada tampilan output dibawah
ini.
Demikianlah tulisan yang saya buat mengenai contoh program perulangan menggunakan bahasa cobol. Semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. ^_^ Apabila terdapat kata-kata diatas yang salah mohon dimaafkan, karena penulis masih sama-sama belajar. :D
Sekian dan Terimakasih telah mengunjungi blog ini....
Wassalamualaikum Wr. Wb....
0 komentar:
Posting Komentar