بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
nuruldiniindriyani.blogspot.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 01 Mei 2014

Tulisan TOU2 Minggu2

Tips Menghadapi Ujian

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini J pada kesempatan ini saya akan memposting tulisan mengenai tips-tips menghadapi ujian. Baik itu Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Ujian Nasional, maupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi. Hampir semua orang pernah menghadapi ujian dan bagi sebagaian orang ujian merupakan hal yang menakutkan ataupun menegangkan. Oleh karena itulah pada kesempatan ini saya memposting Tips Menghadapi Ujian.

Selain giat belajar, bagaimana caranya agar ujian nanti kita tidak gagal? Menurut buku yang saya baca, sukses atau gagalnya ujian yang kita hadapi tergantung dari kesiapan fisik dan mental. Adapun tiga langkah untuk mempersiapkan fisik dan mental kita dalam menghadapi ujian, yaitu : Teknik mengulang pelajaran, langkah-langkah sebelum ujian, dan teknik pada saat ujian.

Teknik Mengulang Pelajaran

1.        Mereview semua bahan yang akan diujikan
Upayakan untuk semua materi yang akan diujikan dari awal hinga akhir. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengetahui dan menyimpan memori materi pelajaran dengan lebih terorganisir. Ingat! Jangan berlama-lama mempelajari yang sudah dikuasai. Tetapi, berlama-lamalah mempelajari materi yang belum dipahami.


2.        Mengingat ide utama dan hal-hal penting dalam setiap topik materi
Upayakan untuk mencatat ide utama dan hal-hal penting dari setiap topik materi yang diujikan. Selama 10 hari sebelum ujian, sediakan 15 menit setiap hari untuk membaca ulang catatan tersebut.

3.        Memperbanyak frekuensi belajar
Belajar 10 kali 1 jam dari 1 kali 10 jam. Artinya : orang yang sama-sama menghabiskan waktu untuk belajar 10 jam, hasilnya akan lebih baik apabila dilakukan selama 10 hari dengan 1 jam setiap hari. Menurut Neoroscience kemampuan otak berkonsentasi penuh kurang lebih 30 menit.

4.        Memilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling bagus adalah sebelum makan dan beberapa jam sesudahnya. Tidak perlu tidur larut malam, karena tidur cukup pada saat mengikuti ujian keesokan harinya, dijamin akan membuat badan kita jauh lebih segar dan ingatan jauh lebih lancar.

5.        Memilih tempat belajar yang tenangkan
Kunci lainnya dalam belajar adalah jangan pilih tempat belajar yang berisik dan banyak gangguan.

6.        Memperirakan pertanyaan yang akan keluar
Pertanyaan-pertanyaan yang akan keluar dalam ujian ada baiknya kita perkirikaran. Pilih jumlah pertanyaan maksimal jangan sebaliknya.

7.        Mendiskusikan dengan teman dalam kelompok belajar
Walau kedengarannya kuno, metode belajar ini tetap efektif. Kumpulkan 4-5 orang teman dalam satu kelompok belajar, kemudian bagi rata materi yang akan dikeluarkan dalam ujian kepada setiap anggota. Setiap anggota diharuskan mempelajari materi yang akan dipilih hingga paham dan mengajarkannya ke anggota belajar lainnya. Setiap anggota harus benar-benar ,mengikuti topik yang akan diajarkan seorang temannya, sebelum pindah giliran. Dengan cara ini, suasana belajar akan lebih menyenangkan.


Langkah-Langkah sebelum Ujian

1.        Hindari tidur hingga larut malam
Jangan memforsir diri pada malam hari sebelum ujian berlangsung. Karena waktu yang sangat pendek tidak akan bisa memaksakan masuknya memori atas apa yang mesti kamu fahami dalam jangka waktu yang panjang.

2.        Jangan lupa menjaga kesehatan
Jangan sampai kita sakit saat mengikuti ujian. Bila itu terjadi, semua yang sudah dipelajari bisa buyar. Kalaupun kita dapat mengikuti ujian, kita akan tetap sulit berkonsenterasi penuh dalam kondisi tubuh yang kurang nyaman.

3.        Siapkan peralatan yang dibutuhkan dalam ujian dengan baik
Setiap ujian membutuhkan peralatan tulis yang berbeda, misalkan ujian gambar berbeda dengan ujian tertulis biasa. Peralatan ujian yang biasa disiapkan adalah pensil, pulpen, kalkulator, kamus, penghapus, tipex, dan penggaris.



4.        Usahakan datang lebih awal sebelum ujian dilaksanakan
Datang lebih awal (mininal 15 menit sebelum ujian dilaksanakan) maka kita akan punya waktu untuk mempersiapkan mental dan fisik.

5.        Hindari stress atau gugup, bersikaplah tenang dan berdoa
Stress dalam menghadapi ujian dapat menyebabkan sakit perut, pusing, dan badan berkeringat. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi saat mengikuti ujian.

Teknik pada saat ujian

1.        Awali dengan do’a
Sebelum mengerjakan soal ujian, biasakan untuk berdo’a. dengan berdo’a kamu akan menjadi tenang, santai, tidak tegang, lebih percaya diri serta siap dalam mengerjakan soal ujian.

2.        Bacalah petnjuk atau perintah pengerjaan soal ujian dengan baik
Sebelum mulai mengerjakan soal ujian, bacalah petunjuk pengerjaan yang terdapat dalam naskah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru.

3.        Kerjakan dahulu soal ujian yang kamu anggap mudah
Dengan mengerjakan terlebih dahulu soal yang dianggap mudah atau dapat dikerjakan dengan cepat, maka kita dapat menghemat waktu dalam menjawab soal ujian.

4.        Bacalah soal ujian dengan teliti, pahami maksudnya, baru kemudian kamu menjawab
Jangan pernah mengerjakan soal ujian secara terburu-buru, karena akan menyebabkan jawaban kamu tidak maksimal, bacalah soal ujian dengan teliti kemudian pahami maksud soal tersebut, setelah itu baru kita menjawab.

5.        Kerjakan sendiri sesuai kemampuan kamu
Jangan pernah menyontek jawaban teman kamu, karena mungkin jawaban teman kamu salah. Oleh karena itu, kerjakan soal ujian sesuai dengan keyakinan dan kemampuan kamu sendiri.



6.        Ikuti teknik menjawab soal pilihan ganda & essay
Abaikan pilihan jawaban yang kamu tahu salah. Jangan menebak suatu pilihan ketika kamu tidak tahu secara pasti. Pikirkan dahulu sebelum kita menulis, buat kerangka jawaban singkat untuk essai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kita tulis.

7.        Akhiri dengan do’a
Sebagaimana kita berdo’a untuk memulai mengerjakan soal, berdo’alah juga setelah selesai mengerjakan soal ujian. Semoga apa yang sudah kamu kerjakan benar dan mendapatkan nilai baik.


Sumber : Buku Bimbingan Konseling

ads

0 komentar:

Poskan Komentar