بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
nuruldiniindriyani.blogspot.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 26 April 2013

Manusia dan Kebudayaan



Dalam tugas tulisan untuk mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ini, saya diminta menulis mengenai Manusia dan Kebudayaan. Pandangan saya pertama kali ketika mendengar materi ini adalah bahwa diantara manusia dan kebudayaan terdapat suatu hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Karena dalam proses perjalanan seorang manusia akan bertemu dan mengenal kebudayaan yang ada pada tempat dimana ia hidup dan melangsungkan kehidupannya. Menurut saya pengaruh kebudayaan itu cukup besar dalam kehidupan seorang manusia.

Kebudayan dalam setiap daerah berbeda satu sama lainnya, karena kebudayaan memiliki ciri khas yang tidak dapat disamakan antar yang satu dengan yang lainnya. Kebudayaan sendiri dapat muncul karena beberapa faktor salah satunya adalah warisan nenek moyang yang diturunkan kepada generasinya hingga saat ini. 

Sebagai contoh sederhana yang dapat kita temui di sekitar kita yaitu walaupun Indonesia merupakan satu kesatuan, Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang sangat beraneka ragam sehingga terlihat perbedaan adat istiadat, norma, dan nilai yang ada pada setiap daerah. Permisalannya jika ada dua orang Mahasiswa yang pertama dibesarkan di daerah Sumatra Utara dan satu lagi dibesarkan di daerah Jawa Tengah, maka antara dua mmahasiswa tersebut apabila dipertemukan pasti memiliki perbedaan. 

Perbedaan yang paling sederhana dan sering terlihat adalah perbedaan dalam Logat bahasanya yang digunakan. Walaupun keduanya sama-sama menggunakan Bahasa Indonesia, tetapi apabila kebudayaan dari daerah mereka masing-masing masih melekat, maka akan terdapat perbedaan intonasi bahasa yang mereka gunakan. Contoh tersebut dapat mengaitkan antara manusia dan kebudayaan yaitu diantara keduanya selalu ada keterkaitan yang tidak dapat terpisahkan karena itu merupakan proses yang dijalani seorang manusia dengan kebudayaan yang melekat di dalamnya.

Tidak semua orang paham mengenai makna dari manusia dan kebudayaan itu sendiri, untuk itu disini saya akan menjabarkan sedikit mengenai pengertian dari manusia dan kebudayaan yang dideefinisikan oleh beberapa orang yang paham mengenai hal tersebut.

 Pertama saya akan menjelaskan tentang pengertian dari kebudayaan. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar kata Budaya atau kebudayaan. 

Namun, apakah kita mengetahui definisi atau arti dari kebudayaan itu sendiri ? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kabudayaan alangkah baiknya kita ketahui pengertiannya terlebih dahulu.Pada mulanya budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi  yang dapat diartikan sebagai budi atau akal, sehingga budaya dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.


Selain itu terdapat pula arti kebudayaan dalam bahasa Inggris yang sering disebut dengan culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. 

Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. Sehingga dapat disimpulakan bahwa kebudayaan merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, Kemudian diwariskan dari generasi ke generasi. 

Budaya terbentuk dari banyak unsur diantaranya adalah  sistem agama,  politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Selain itu kebudayaan juga memiliki wujud. Pendapat itu  dikemukakan oleh J.J. Hoenigman. Menurutnya wujud kebudayaan dibagi menjadi tiga bagaian yaitu gagasan (wujud ideal), aktiivitas(tindakan), dan artefak(karya).

Indonesia sendiri memiliki keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupannya. Setiap daerah pasti memiliki ciri khas kebudayaan yang membedakannya satu dengan lainnya. 

Kebudayaan yang beraneka ragam tersebut dibedakan berdasarkan jenisnya yaitu dalm bentuk Rumah adat, Tarian, Lagu, Musik, Kesenian, Pakaian Adat, Makanan, serta Film. Itu semua adalah hasil kebudayaan yang sering terlihat di indonesia yang membedakan kebudayaann daerah satu dengan daerah lainnya.

Setelah diatas telah kita ulas mengenai kebudayaan selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai manusia. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna didunia ini dibandingkan makhluk lainnya yang Tuhan ciptakan. Dikarenakan manusia memiliki akal dan pikiran. Melalui kesempurnaannya itu manusia dapat berpikir, bertindak, berusaha, dan bisa menentukan mana yang baik dan mana yang buruk. 

Disisi lain terdapat hakikat manusia sebagai makhluk sosial yaitu manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan memerlukan orang lain untuk dapat melangsungkan kehidupannya. Dikarenakan manusia memiliki hakikat sebagai makhluk sosial maka manusia dalam kehidupannya akan melakukan sebuah proses sosialisasi dan interaksi sosial dengan makhluk lainnya. 

Melalui interaksi sosial antara manusia yang satu dengan yang lain akan saling mempengaruhi dan memiliki hubungan timbal balik satu dengan lainnya. Manusia sendiri terdiri dari empat unsur yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya yaitu jasad, hayat, ruh, dan nafs (kesadaran tentang diri sendiri).

Jadi diantara manusia dengan kebudayaan secara sederhana memiliki sebuah hubungan yaitu manusia sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia. 

Manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan keterkaitan yang erat satu sama lain. Pada kondisi saat ini kita tidak dapat lagi membedakan mana yang lebih awal muncul, manusia atau kebudayaan. Analisa terhadap keberadaan keduanya harus menyertakan pembatasan masalah dan waktu. Agar penganalisaan dapat dilakukan dengan cermat.

Demikianlah uraian singkat saya mengenai manusia dan kebudayaan, apabila masih terdapat banyak kekurangan mohon dimaafkan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya. Sekian dan Terimakasih.
Wassalamuaikum Wr.Wb

Sumber :



ads

Ditulis Oleh : Nurul Dini Indriyani Hari: Jumat, April 26, 2013 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar